Asyiknya Berinteraksi denganmu 'A'...lam

Kegiatan Tengah Semester kali ini dilaksanakan pada akhir semester satu. Maklum, karena kesibukan guru - guru, maka KTS yang dipelopori oleh paguyuban kelas 5 ini, baru terlaksana tanggal 22 Desember 2012 hari Sabtu kemarin di Mojopahit Agro Lestari, Pacet, Mojokerto.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan siswa tentang ilmu pengetahuan yang tidak hanya di dapat di dalam kelas saja, melainkan juga di luar kelas. Kegiatan yang bisa dikatakan Joyfull Learning ini memiliki banyak manfaat. Antara lain tentang proses daur ulang kertas bekas dan proses penanaman padi dari penyiapan lahan, lama waktu pemupukan, hingga padi dapat dipanen.

Pembelajaran seperti ini pastilah  sangat bermakna bagi para siswa, karena mereka ikut berperan serta di dalamnya. Selain itu, dari sini dapat kita ketahui bahwa kecerdasan tidak hanya pada kecerdasan kognitif saja, melainkan mencakup kecerdasan majemuk. 
Tidak ada orang paling cerdas di dunia ini. Karena setiap orang yang cerdas, adalah orang - orang yang jenius dengan kecerdasan yang berbeda - beda (Gardner,1990 dalam Quantum Teaching). Dalam arti, mereka memiliki kecerdasan di bidang khusus.

Misalnya saja pada Ujian Nasional yang hanya mengujikan Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia. Jika si siswa kuat dalam ketiga kecerdasan tersebut, itu BAGUS..!!
Tetapi bagaimana dengan siswa kita yang lebih cerdas di bidang olahraga, menyanyi, menari, dan kegiatan-kegiatan yang lain? Mau kemana mereka nantinya ?

Kita kembali pada Kegiatan Tengah Semester yang baru saja berlalu. Siswa kelas lima yang notabene aktif, lebih menyenangi kegiatan belajar seperti ini dibandingkan KBM sehari-hari yang monoton. Dan kegiatan ini sudah mewakili salah satu kecerdasan yang ddikemukakan oleh Gardner, yaitu Naturalis-berpikir dengan acuan alam. Kecerdasan ini menyangkut pertalian seseorang dengan alam, yang dapat melihat hubungan dan pola dalam dunia alamiah, mengidentifikasi, serta berinteraksi dengan proses alam.
Misalnya saja jalan-jalan di alam terbuka , berinnteraksi dengan binatang, menatap bintang, meramal atau memprediksi cuaca, simulasi,penemuan, dan pengategorian.

Hal - hal yang dilakukan di atas adalah contoh dari salah satu sembilan kecerdasan   yang diungkapkan oleh Gardner.


Ini foto kegiatan kami...sengaja tidak semua yang di upload...

Siswa yang berinteraksi dengan alam,ikut membajak sawah.


Takut, tapi asyiiikk...

Campurkan rendaman kertas yang sudah disobek halus dengan tepung kanji, air, dan lem kayu.

Sobek kertas menggunakan emosi jiwa, biar bisa kecil-kecil dan lebih lembut hasilnya.

Nah, kita mulai menanam padi...okey ?

Eits.. mundur terus, pantang maju..!!! semboyan menanam padi..hehehe..

Ini hasil daur ulang kertas setelah dicetak. Sayangnya mentari gak mau garang bersinar...kurang siiip hasilnya..

Yups...tetap dilarang maju..jangan balik kanan, sayaaang..

Lahan yang dipersiapkan untuk menabur benih...

Don't worry friend..be happy..!!!

Tenang, tenang..seberat apa pun, talinya gak bakalan putus, Dit..!!
 

 









Related Posts

Mardhika Ika Sari
Asyiknya Berinteraksi denganmu 'A'...lam
By KANDILKU
Published: 2012-12-24T01:33:00-08:00
Asyiknya Berinteraksi denganmu 'A'...lam
5 12345 reviews
Asyiknya Berinteraksi denganmu 'A'...lam
Posted by: Mardhika Ika Sari Updated at: 01.33

Author: Unknown

Postingan Asyiknya Berinteraksi denganmu 'A'...lam Ditulis Oleh Unknown ~ . ~ Waktu berjalan,dan aku tak tahu apa nasib waktu...Tangan -tangan arwah ingatanku yang tipis..melucuti waktu menjaga daerah mati ini..Bersimpuh, menanti kening langit yang tak berkerut lagi..dan kehilangan cahayanya..dan ketika tangis tak berarti..dalam ruang hampa itu...Dalam diamku
Posted by: Mardhika Ika Sari Updated at: 01.33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar